20 Logo Band Terbaik

Selamat datang! Daftar | Login

Artikel Musik

20 Logo Band Terbaik

Aug 27th, 2012 by Redaksi Dotuku
20 Logo Band Terbaik

Logo band adalah hal paling penting dalam menentukan eksistensi sebuah band. Jika band adalah sebuah brand, maka logo adalah satu elemen paling penting yang membuat brand tersebut diingat banyak orang. Logo umumnya diletakkan di sampul album, di flyer atau poster acara sampai di banner besar atau layar LED di belakang panggung. Jangan anggap enteng tentang hal yang satu ini. Logo yang jelek akan membuat band mu tak dilirik atau malah dilupakan. Logo yang bagus akan membuat orang berpaling, dan jika dikombinasikan dengan musik yang bagus, maka kehadiran logo akan menjadikan sebuah band populer dan dikenal. Seperti yang dikutip dari NME, berikut 20 logo band yang populer yang penting untuk disimak.

1. The Beatles

Beatles

Logo The Beatles punya asal usul yang sederhana, malah terkesan tidak sengaja. Logo tersebut dibuat oleh seorang retailer dan desainer bernama Ivor Arbiter. Lahir tahun 1929, Ivor biasa membetulkan saksofon, ia juga bekerja sebagai drumer part time. Di tahun 50, ia membuka toko musik bernama Drum City, satu-satunya toko musik drum di London. Suatu hari di bulan April 1963, Ringo dan Epstein datang ke Drum City untuk mencari drumkit pengganti drum merk Premier-nya. Ringo ingin drum merk Ludwig yang ada di ruang kerja Ivor yang sayangnya harganya 238 poundsterling. Karena terlalu mahal, Epstein menolak untuk membeli drum itu, Ivor mengajukan penawaran, mereka pun bernegosiasi sampai akhirnya Ivor setuju untuk menukar drum Premier Ringo dengan Ludwig miliknya. Ketika Epstein meminta logo Beatles di bass drum, Ivor langsung mendesain logo drop T langsung, on the spot. Dengan tergesa-gesa, ia membuat sketsanya di secarik kertas dan pelukis reklame, Eddie Stokes menyempurnakannya di bass drum Ringo.

2. Red Hot Chilli Peppers

RHCP

Motif logo melingkar ini didesain oleh frontman Anthony Kiedis di tahun 1984. Banyak orang yang sering mengira bahwa ini adalah ‘angel’s asshole’, namun fakta arti sebenarnya sampai sekarang belum diketahui.

3. Misfits

Misfits

Logo Misfits adalah salah satu logo punk yang paling diingat. Suatu hari di tahun 1979, frontman Glenn Danzig melihat gambar tengkorak di poster film The Crimson Ghost, disitu ia memiliki ide untuk menggunakan image tengkorak ini untuk logo band-nya.

4. KISS

KISS

Logo KISS didesain oleh gitaris KISS, Ace Frehley.  Logo ini muncul di album kedua Hotter Than Hell. Ace mendesainnya huruf KISS dengan double S yang terlihat seperti dua kilatan.

5. Jamiroquai

Jamiroquai

Pertama kali muncul di album debut Emergency On Planet Earth di tahun 1993, logo yang terkenal dengan ‘buffalo man’ ini didesain sendiri oleh Jay Kay. Kay terinspirasi dari siluet dirinya sendiri memakai topi trademarknya.

6. Grateful Dead

Grateful Dead

Logo khas Grateful Dead, gambar tengkorak kepala dengan garis-garis yang muncul pertama kali di album live Steal Your Face di tahun 1974 ini muncul karena alasan yang unik. Saat itu Owsley Stanley, soundman Grateful Dead ingin membuat logo penanda untuk memisahkan boks-boks peralatan Grateful Dead agar tidak tertukar dengan yang lainnya, terutama jika sedang berada di festival.  Ide logonya sendiri muncul ketika Stanley melihat papan iklan di jalan sewaktu hujan. Warnanya  “Saya nggak sempat membaca nama perusahaannya, hanya bentuknya. Saya pikir logo-nya unik untuk dipasang sebagai penanda di peralatan,”aku Stanley.

7. ABBA

ABBA

Di album-album awal, tidak ada yang menarik dari logo band ini selain dari empat huruf ABBA, yang berasal dari akronim dua pasangan di grup ini - Agnetha & Björn dan Benny & Anni-Frid. Namun tidak sampai ketika album Arrival dirilis pada 11 Oktober 1976, ada yang nyentrik ketika mereka mengubah logo mereka dengan salah satu huruf B di balik, saling menghadap kepada masing-masing dari huruf A. Ternyata asal muasalnya unik, Dari sebuah wawancara dengan majalah, Agnetha membeberkan bahwa ketika tanggal 28 Februari 1976, ABBA tengah melakukan sesi foto dengan majalah Bravo bersama Wolfgang Heilemann di Hamburg dengan logo ABBA yang besar, saat itu Benny dengan iseng membalikkan huruf B-nya. “ Kita sadar bahwa fotonya telah selesai. Kita suka dengan fotonya dan kita langsung memutuskan untuk mempatenkan logo itu, “ungkap Agnetha.

8. ACDC

ACDC

ACDC adalah satu dari band yang terkenal dengan memakai logo kilat selain dari Metallica, KISS dan Grateful Dead. Logo ini didesain oleh Bob Defrin, creative art dari Atlantic Records. Logo ACDC yang populer dan legendaris ini muncul pertama kali di album Let There Be Rock. Menariknya, desainer Gerard Huerta mendasarkan jenis huruf-nya dari tulisan di injil Gutenberg – buku  pertama yang dicetak.

9. The Rolling Stones

RollingStones

Siapa tidak kenal dengan lidah khas The Rolling Stone? Logo ini pertama kali muncul di album Sticky Fingers di tahun 71. Logo ini didesain oleh mahasiswa seni bernama John Pasche di tahun 70. Lucunya, Pasche hanya dibayar 50 Poundsterling untuk logo dan 200 pounsterling di tahun 72. Logonya sendiri terinspirasi bukan hanya oleh mulut dan lidah Mick Jagger, namun juga dari dewi Hindu bernama Kali.

10. Metallica

Metallica

Logo khas Metallica yang bergerigi ini didesain oleh gitaris/lead singer Metallica, James Hetfield untuk album debut mereka, Kill Em All di tahun 83. Logo ini lantas dipakai di album-album berikutnya. Namun tidak sampai album Load, Metallica mengubah logonya menjadi versi yang lebih lembut. Namun tidak sampai di album Death Magnetic, Metallica mengembalikan logo yang ikoniknya.

11. Nine Inch Nails

NIN

Logo Nine Inch Nails didesain tahun 1989 oleh Trent Reznor dan Gary Talpas, yang bekerja sebagai art director di beberapa album Nine Inch Nail. Desainnya sendiri terinspirasi dari cover Talking Heads di album Remind In Light.

12. The Sex Pistols

sexpistols

Jamie Reid, seniman inggris juga seorang anarchist mendesain logo The Sex Pistols untuk single “God Save The Queen” serta album Never Mind The Bollocks. Bentuk tulisan yang dibentuk dari potongan-potongan huruf ini lantas menyatu dengan kaus yang disobek dan peniti yang dirancang oleh duo Malcolm McLaren dan desainer Vivienne Westwood, benar-benar sebuah tamparan visual untuk era punk rock saat itu.

13. Oasis

oasis

Brian Cannon dari perusahaan Microdot mendesain logo Oasis dengan terinspirasi oleh album-album The Rolling Stones awal seperti Out of Our Heads. Terkhusus, Brian mengambil inpirasi dari logo Decca di bagian depan.

14. Prince

prince

Di album kesebelasnya, Love Symbol [1992] , Prince membuang nickname-nya dan menggantinya dengan logo yang tak bisa terjemahkan – yang disebut Prince sebagai “Love Symbol”  - yang menggabungkan antara struktur Mars [pria] dan Venus [female]. Tak hanya dipakai di sampul album, Prince juga mengaplikasikan logo ini ke beberapa gitarnya.

15. Queen

queen

Album Night at The Opera-nya Queen [1975] mencatatkan diri sebagai album yang mengangkat nama Queen ke industri musik dunia, terutama dengan single “Bohemian Rhapsody”-nya.  Album ini juga mencatat logo dari band ini yang paling popular, yang didesain langsung oleh sang vokalis, Freddy Mercury yang ternyata pernah belajar di sekolah seni. Logo-nya sendiri unik – kombinasi dari zodiak dari keempat anggota Queen: dua singa melambangkan bintang Leo [Deacon dan Taylor], kepiting yang melambangkan bintang Cancer [Brian May] dan dua peri yang melambangkan bintang Virgo [Freddy Mercury]. 

16. Weezer

weezer

Logo Weezer ini didesain oleh Patrick Wilson, drummer Weezer, di tahun 1993 selama prose’s mixing Blue Album. Simbol huruf W ini akhirnya menjadi ikon di tiap gig Weezer sementara fans menirunya dengan simbol tangan.  

17. Daft Punk

daft punk

Logo duo elektronik asal Perancis ini berdasarkan atas anti selebriti yang menyiratkan teka-teki. Thomas Bangalter menjelaskan. “ Bagi kami, Daft Punk logo harus menjadi bintang – konsepnya sendiri  adalah menjaga kita lebih low profile ketimbang musiknya.

18. Franz Ferdinand

Franz Ferdinand

Logo Franz Ferdinand didesain oleh dramer Paul Thomson. Logo ini, juga banyak dari artwork Franz Ferdinand, terinpirasi image Avant Garde-nya Rusia.   

19. Led Zeppelin

Led Zep

Led Zeppelin IV, album keempat Led Zeppelin adalah album dimana Led Zep mulai memperkenalkan logo unik ini. Antlantic, label mereka mendaftarkan logo ini seagai ‘4 simbol’ yang menggambarkan deretan empat personil yang ada di balik cover albumnya. Logo ini seharusnya menggambarkan Jimmy Page, meski beberapa fans melihat ini sebagai sebuah kata, yang dibaca “Zoso”

20. The Who

who

Kita tahu logo The Who yang menjadi satu dengan ikon budaya mod pada era 60-an. Lucunya, logo pop art ini tidak pernah muncul dalam album The Who manapun. Logo ini didesain oleh Brian Pike di tahun 1964 untuk poster acara di Marquee club di London. 

 

 

 

 

 

 

 

WRITE COMMENT :

Security Code
500 characters remaining

PEOPLE'S COMMENT

No Display Images
LOST CHILD THE NIGHT
11/03/2013 23:25:29, Reply
lost child the night
No Display Images
LOST CHILD THE NIGHT
11/03/2013 23:22:52, Reply
lost child the night
No Display Images
Gunawan
17/02/2013 20:42:30, Reply
yondaime
No Display Images
Padma
11/01/2013 14:52:32, Reply
gila, beatles urutan pertama *emg pantes jd legend*
No Display Images
Ipan
02/01/2013 11:23:07, Reply
I like all the punk bands
No Display Images
Adrianinter
06/09/2012 00:11:52, Reply
ajib
© Copyright Dotuku.com
All Rights Reserve by Dotuku Musik Indonesia
cs@dotuku.com